Tau sendiri kan negara Afrika adalah negara penghasil berlian terbesar di dunia ?

Nah, ada sebuah negara di Afrika Barat, tepatnya di pesisir Samudra Atlantik, yaitu Republik Sierra Leone.

Sierra Leone adalah salah satu negara penghasil barang tambang, terutama berlian, terbesar di dunia dengan keuntungan mencapai 250-300 juta dollar AS per tahun. Hasil tambang dari negara dengan ibukota bernama Freetown ini, selain berlian konflik (blood diamond) yang sangat terkenal, juga rutile (sejenis bijih uranium), emas dan bauksit. Semua kekayaan tambang ini menjadi sebuah dilema bagi Sierra Leone, karena di satu sisi sangat menguntungkan dan menggiurkan dengan keuntungan yang sangat tinggi. Namun di sisi lain menjadi rebutan berbagai pihak mulai dari para negara maju, MNC-MNC pertambangan, hingga penduduk dalam negeri sendiri yang menjadi pemberontak.
Sierra Leone, menjadi tempat terjadinya salah satu konflik kekerasan berupa perang sipil di benua Afrika sepanjang tahun 1991-2002. Selama periode tersebut, kelompok oposisi yang menamakan dirimereka Revolutionary United Front (RUF).

Berlian Berdarah

Mengapa namanya dibuat seperti itu? Kita pasti bertanya-tanya didalam hati..

Menurut sumbernya, berlian-berlian itu dinamai ‘berlian berdarah’ karena ditambang di kawasan yang dikuasai oleh pemberontak. Dalam mendapatkan berlian ini konon dengan mempertumpahkan banyak darah. Berlian-berlian ini disebut-sebut dipakai untuk mendanai aksi kekerasan dalam konflik di Sierra Leone dan Liberia.  Organisasi separatis ini menamakan diri dengan RUF (Revolutionary United Front). Setidaknya 100 ribu orang tewas dalam perang saudara di Sierra Leone. Kelompok pemberontak RUF dikenal brutal karena kerap memotong tangan dan kaki warga sipil selama perang saudara 1991-2001 tersebut.  Sungguh sadiss sekali

Dunia pun mengecam jual beli berlian ilegal dari Sierra Leone ini. Dunia mengecam perusahaan-perusahaan perhiasan yang membeli berlian Sierra Leone.  Karena dengan membeli berlian Sierra Leone itu sama saja dengan membiayai pemberontak untuk membunuh rakyat sipil yang tidak berdosa. Tetapi bussiness is bussiness. Tidak ada sangkut pautnya dengan kejahatan atau bahkan kemanusiaan.  Maka perusahaan pun melakukan transaksi jual beli berlian Sierra Leone dengan sangat hati-hati dan tersembunyi.