berapa lama kamu dapat menahan nafas didalam air? hayoo.. hayoo.. 

kalo orang biasa sih kira-kira cuma tahan paling banter 2,5-3 menit.. tapi kalo penyelam, mereka bisa lebih dari 5 menit.. yah jelas, mereka kan sudah terlatih lama, lah kita orang awam mana sanggup.. 

Bila kepala manusia berada di dalam air, detak jantung berkurang dan tingkat oksigen yang dipompakan ke seluruh tubuh ikut berkurang. Kemampuan manusia saat menahan nafas di dalam air itu berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan orang itu sendiri…. Orang yang memiliki paru-paru besar akan lebih mampu bertahan lama didalam air dibandingkan yang kecil.

tapi kalo saya sih jelas paling cuma bisa nahan nafas didalam air 5 menit “aja”, hoho   (bo’ong banget, ckckc =.=”)

tapi jika kamu pengen tau siapa pemegang rekor dunia menahan nafas terlama didalam air orangnya adalah Peter Colat(38) seorang penyelam, dia berhasil memecahkan rekor dunia menahan nafas di bawah air selama 19 menit 21 detik. Wow, amazing!

“Salah satu rahasia keberhasilan Colat ialah kemampuannya memasuki situasi tubuh yang sangat rileks sehingga dapat mengurangi konsumsi oksigen. Colat memperingatkan, upaya pemecahan rekor menahan nafas memiliki resiko yang sangat berbahaya, bahkan mematikan.
Menurut Colat, jika cadangan oksigen di dalam tubuh berkurang hingga level kritis, seseorang dapat mengalami kecemasan, pingsan, tidak dapat merasakan indera di tubuhnya, atau tidak mendengar suara-suara yang didengarnya.”  hiii, efeknya cukup mengerikan juga ternyata

Karena itu Colat mengingatkan agar seseorang yang ingin mencobanya, harus dalam pengawasan tenaga medis. Tanpa ada pengawas medis, Colat khawatir seseorang yang mencoba menahan nafas dalam waktu lama akan mengalami resiko terburuk.

Jadi, adakah yang mau menjadi “pemecah rekor dunia selanjutnya menahan nafas terlama didalam air” menggantikan Pak Colat ?? 

Iklan