Saya sendiri baru tau berita bahwa Jepang terkena tsunami kemarin malam Kamis, 11 Maret 2011saat saya lagi nonton Metro tv , gak sengaja mata saya nge-liat running text dibawahnya itu loo..tapi saya baru posting beritanya hari ini .. hehe

Menurut berita di tv, gempa di Jepang terjadi pukul 12.46 WIB, Jumat (11/3) kemarin dan berpusat di 373 km timur laut Tokyo. Gempa berkekuatan 8,9 SR, 373 Km (231 mil) dari ibu kota, Tokyo. Prefektur Miyagi menderita kerusakan paling parah. Pasca gempa dan tsunami setinggi 10 meter menerjang sejumlah wilayah Jepang, tidak sedikit warga yang kehilangan rumah. Tercatat hingga kini sekitar lebih dari 215 ribu orang berada di pengungsian darurat. Dari total jumlah pengungsi tersebut, sekitar 100 ribu merupakan para pengungsi dari area pusat pembangkit nuklir yang ada di wilayah Fukushima. Diketahui bahwa kebocoran radiasi dari reaktor nuklir yang ada di wilayah itu mengancam para warganya. Sementara itu, jumlah penduduk yang kehilangan rumah diperkirakan terus bertambah. Hal ini seiring dengan pengakuan pihak Kepolisian yang belum mendapat laporan dari wilayah Miyagi, dimana ratusan orang dilaporkan tewas.

 

 

 

 

 

 

Dikhawatirkan juga, ribuan orang di Miyagi masih terjebak dalam reruntuhan bangunan, yang sempat dikepung banjir akibat tsunami kemarin. Terakhir, KBRI Tokyo melansir data terbaru soal korban tewas dari media Jepang, NHK. Tercatat jumlah korban tewas dan hilang gempa dan tsunami di Jepang bertambah menjadi 1.312 orang. Rinciannya 612 orang meninggal dan 700 orang masih hilang. Transportasi di Tokyo yang masih aktif, yakni subway dan bus kota. Bandara Internasional Narita sudah mulai aktif, sedangkan Bandara Haneda masih ditutup dengan alasan keamanan.

Earthquake Tsunami Jepang – March 11th 2011 part 2