Hampir semua orang suka permen. Selain rasanya yang cenderung manis, warna yang menarik sering menggugah selera. Namun, tahukah kamu sejarah awal mula bagaimana permen ditemukan ?? hmm.. let’s check it out guys =)

SEJARAH PERMEN

Para ahli pernah menemukan permen purba di Mesir sekitar 3500 tahun yang lalu. Dan di tempat lain juga pernah ditemukan gumpalan madu kering yang diduga dijadikan permen oleh manusia purba saat itu.

Sejarah pembuatan permen (Anonymous, 2010a):
·           Kata “permen” sendiri berasal dari bahasa Arab gand i, yang berarti konfeksi gula.
·           Semua bangsa kuno membuat manisan dengan bahan madu.
·           Di negara Cina, India, orang-orang dari Timur Tengah, Mesir, Yunani dan Romawi menggunakan madu untuk menyelimuti buah, bunga, biji atau batang tanaman.
·           Mesir Kuno menggunakan madu untuk mempertahankan kacang-kacangan dan buah-buahan.
·           Pada Abad Pertengahan, dokter menggunakan madu untuk menutupi rasa buruk obat-obatan supaya tidak berasa pahit.
·           Pada abad ke-17, koloni Amerika Utara menemukan permen sirup maple dan oleh koloni selatan digunakan untuk benne-biji (biji wijen) kue.
·           Di New Amsterdam dikenal “marchpane” atau “marzipan.”
·           Candy telah ditemukan dalam sejarah Inggris pada awal abad ke-15.
·           Karamel dikenal di awal abad 18 dan lolipop di tahun 1780an.
·           Di awal abad ke 19 dipopulerkan hard candy yang terbuat dari lemon dan rasa peppermint.
·           Pada tahun 1851, Pameran Besar di London memperkenalkan “Perancis-style” permen yang kaya krim.

·           Pada tahun 1875, coklat susu ditemukan di Swiss dan di akhir abad ke 19, fenomena membuat permen di Amerika.

Permen Khas Masing-Masing Negara

1.  Botan Rice Candy (Jepang)

Botan Rice Candy memiliki tekstur kenyal dan lembut, dan memiliki rasa seperti jeruk lemon yang dilapisi kertas pembungkus beras. Permen ini sekilas seperti sebuah plastik yang kering, tetapi akan mencair jika sudah masuk di mulut. Permen tradisional dari Jepang ini sudah diimpor ke Amerika Utara oleh JFC International. Permen ini hadir dengan kotak kardus kecil yang berisi 3/4 oz (21 gram) permen. Setiap kotak berisi 6 biji dan sebuah stiker. Sebelum 1998, setiap kotak Botan Rice Candy berisi sebuah mainan plastik kecil.

2. LI HING MUI (CHINA)

Sebenarnya permen khas ini dibuat dari buah plum kering dan diberi bubuk li hing yang rasanya manis, asam, asin. Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. Permen ini awalnya hanya ada di china dan beberapa negara asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke hawai oleh seorang imigran asia yang bernama Yee Sheong.

3. NOUGAT (PERANCIS)


Saat singgah di perancis jangan lupa ya mencicipi permen traditional bernama Nougat ini. permen yummy ini diolah menggunakan gula atau madu, kacang pistachio, almond, hazelnut plus buah buahan kering lainnya. Tekstur nougat berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah. hmm, yummyy =D

4. TURKISH DELIGHT (TURKI)
Dalam film The Chronicles of Narnia: The Lion, The Witch, and The Wardrobe, ada adegan dimana Edmund berterus terang kepada White Witch bahwa permen kesukaannya ialah Turkish Delight. Permen yang memiliki nama asli Lokum atau Cyprus Delight ini memiliki tekstur lembut dan lengket mirip jeli yang ditambah dengan potongan kecil kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau walnut. Di sekeliling kembang gula ini juga ditaburi gula halus. Turkish Delight sudah diproduksi sejak abad ke-15. Berkat rasanya yang lezat, permen ini akhirnya terkenal dan menyebar ke seluruh eropa dan di seluruh dunia. Di Inggris, permen ini berjulukan “Hanhish Candy” yang artinya permen yang membuat ketagihan. Tak heran, rasanya membuat orang ketagihan.

5. GUMMY BEAR (JERMAN)


Negeri Paman Sam ini juga menyumbangkan kembang gula yang menjadi awal mula permen gelatin lengket yang banyak tersebar di berbagai negara. Permen mungil yang memiliki aneka warna menarik ini bernama asli Gummibar atau Gummibarchen yang jika di bahasa Inggris-kan menjadi Gummy Bear. Hans Riegel adalah orang yang berjasa menciptakan permen yang tenar ini. Di Jerman, Gummy Bear memiliki 5 rasa khas, yakni Jeruk (berwarna orange), Stroberi (berwarna hijau), Rapsberry (berwarna merah), Nanas dan Lemon (berwarna kuning).

6. PERMEN JAHE (INDONESIA)


Kali ini negara kita, Indonesia. Permen yang sudah hadir sejak ratusan tahun lalu, sudah tercatat di buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris. Ia menyebutkan, pada tahun 1778 Belanda mengirimkan sebanyak 10.000 pon (sekitar 5.000kg) permen yang juga disebut Candied Ginger ini dari Batavia ke Eropa.Permen ini menjadi terkenal di Eropa karena bisa menyembuhkan perut kembung atau flatulensi. Karena berbahan dasar jahe, permen ini bisa menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan.

7. BRIGADEIRO (BRAZIL)

Nama permen ini diambil dari seorang jenderal angkatan udara Brazil pada tahun 1940an yang bernama Brigadier Eduardo Gomez. Keberhasilan Eduardo Gomez membasmi pemberontak, membuat permen tersebut diberi nama Brigadeiro. Selain karena rasanya yang enak, permen ini juga sekaligus menjadi simbol penghargaan atas jasa Gomez. Permen ini biasanya menjadi hiasan pada kue dan es krim. Konon, pesta ulang tahun anak-anak di Brazil kurang meriah bila tidak ditemani permen ini.

Nah, itu dia 7 jenis permen khas dari berbagai negara.. Biarpun dari berbagai negara, kalau yang namanya permen tetap aja menggiurkan.. Ayo ayo, pilih permen mana yang kamu suka?