Aliran viscous adalah aliran dengan kekentalan, atau sering disebut aliran fluida pekat. Kepekatan fluida ini tergantung pada gesekan antara beberapa partikel penyusun fluida. Viskositas alias kekentalan sebenarnya merupakan gaya gesekan antara molekul-molekul yang menyusun suatu fluida ( dalam hal ini zat cair dan zat gas). Istilah gaulnya, viskositas adalah gaya gesekan internal fluida (internal = dalam). Jadi molekul-molekul yang membentuk suatu fluida saling gesek-menggesek ketika fluida tersebut mengalir. Pada zat cair, viskositas disebabkan karena adanya gaya kohesi (gaya tarik menarik antara molekul sejenis). Sedangkan dalam zat gas, viskositas disebabkan oleh tumbukan antara molekul. Perlu diketahui bahwa viskositas atau kekentalan hanya terdapat pada fluida riil  (nyata).

Satuan Sistem Internasional (SI) untuk koofisien viskositas adalah Ns/m2 = Pa.s (pascal sekon).                                                  Satuan CGS (centimeter gram sekon) untuk koofisien viskositas adalah dyn.s/cm2 = poise (P).

Viskositas juga sering dinyatakan dalam sentipoise (cP).                                                                                                                                  1 cP = 1/100 P.  Satuan poise digunakan untuk mengenang seorang Ilmuwan Perancis, almarhum Jean Louis Marie Poiseuille (baca : pwa-zoo-yuh).